Pakaian Adat Tradisional Daerah Sulawesi Selatan

Pakaian adat bodo apabila dipakai akan memiliki gelembung pada bagian punggung. Dilansir dari situs Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Baju bodo adalah baju adat bagi perempuan Sulawesi Selatan yang dipakai sebagai pakaian kebesaran setiap acara.

34 Nama Pakaian Adat Nama Tarian Adat Nama Rumah Adat Dan Senjata Tradisional Di Indonesia 1 Provinsi Nanggroe Ac Tarian Upacara Perkawinan Pakaian Tari

Baju ini dikenakan bersama paroci celana lipa garusuk kain sarung dan passapu tutup kepala seperti peci.

Pakaian adat tradisional daerah sulawesi selatan. Gelang sebagai pelengkap Pakaian tradisional Sulawesi Selatan yang dikenakan yaitu gelang bermotif naga dan dibuat dari emas sehingga gelang ini diberi nama gelang ponto naga. Baju adat tersebut dikenal sebagai salah satu busana tertua di dunia. 4182021 Baju seppa tallung merupakan busana adat tradisional yang berasal dari salah satu suku yang ada di Sulawesi Selatan yaitu suku Toraja.

Pakaian Pria dalam Adat Sulawesi Selatan. Pakaian adat bodo tidak memiliki lengan dan tidak ada jahitan dibagian lehernya. Biasanya pakaian ini digunakan untuk acara-acara penting seperti kegiatan kebudayaan hari besar dan upacara adat.

10142018 Baju Labbu atau disebut juga baju Bodo panjang merupakan pakaian adat khas Makassar Sulawesi Selatan. 7232020 Baju bodo merupakan pakaian adat tradisional perempuan suku Bugis dari provinsi Sulawesi Selatan. Pakaian adat yang dikenakan khusus pria suku Bugis-Makassar tak hanya berupa jas tutu.

Masing-masing pakaian adat. 12172019 Pattuqduq Towaine merupakan baju adat dari Suku Mandar yang sering dikenakan ketika pernikahan atau saat menari Pattiqtuq. Penari juga diiringi suling dan gendang yang membuat tarian ini tampak lebih memukau.

Petunjuk mengenai bentuk hingga cara memakai baju bodo sudah dijelaskan secara gambling di dalam sebuah kitab suci milik nenek moyang suku Makassar yang. Mengenakannya biasanya berpasangan dengan celana atau paroci kain sarung atau lipa garusuk dan tutup kepala berupa songkok. Busana Pattuqduq yang dipakai menari umumnya terdiri dari 18 potong.

Baju bodo berbentuk segi empat biasanya berlengan pendek yaitu setengah atas bagian siku lengan. Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di. Artikel ini berisi pakaian adat Sulawesi Selatan khas Bugis Makassar dan Toraja.

412021 Kandore merupakan salah satu pakaian adat Suku Toraja Sulawesi Selatan yang digunakan oleh wanita. Orang yang lahir atau seorang keturunan Sulawesi biasanya akan menggunakan baju pengantin adat Sulawes ini di acara pernkahannya. Hanya saja baju adat ini memiliki warna cerah mencolok serta ada kalung dan hiasan kepala sebagai aksesoris.

Terdapat aksesoris yang dikenakan pada baju ini seperti kandaure lipa gayang dan lain sebagianya. Pakaian adat bodo terbuat dari kain muslin. Masing-masing suku tersebut memiliki busana adat atau pakaian tradisional tersendiri yang turut mewakili keunikan busana tradisional Sulawesi Selatan.

Keris tersebut dinamakan pasattimpo atau tatarapeng. Pada umumnya pakaian adat sulawesi ini banyak dikenakan di acara pernikahan atau pada saat sesi pemotretan prewedding. Busana ini di khususkan hanya untuk pria yang memiliki ciri khas pakaian yang cukup panjang hingga lutut.

Pada saat ini semua orang bisa menggunakan pakaian adat Sulawesi. Pakaian adat ini memiliki hiasan manik-manik yang terletak di bagian dada ikat kepala ikat pinggang dan gelang. Untuk kaum pria masyarakat Sulawesi Selatan tersebut menggunakan pakaian adat yang disebut dengan Bella dada.

Jika pakaian adat wanita disebut Baju Bodo pakaian adat yang dikenakan oleh kaum pria disebut dengan Jas Tutu. Suku Bugis anak laki-laki tope songkok pute passapu lopasabbe pakambang waju kasa. Baju bodo hanya dikenakan oleh wanita Makassar sementara para prianya mengenakan pakaian adat yang bernama baju bella dada.

Pakaian tradisional ini biasanya berbentuk baju kurung berlengan panjang dan ketat mulai dari siku sampai pergelangan tangan. Pakaian Adat Sulawesi Selatan. 5262018 Selain 3 nama rumah adat tersebut Sulawesi Selatan juga memiliki rumah adat lain yang tak kalah uniknya seperti attake Bola Soba Suku Kajang dan lain sebagainya.

Konon baju bodo merupakan baju adat pertama yang ada di provinsi Sulawesi Selatan. Suku Bugis perempuan tope jempang waju poncowaju pella pella lipasabbe. Baju ini dikenakan bersamaan dengan paroci celana lipa garusuk kain sarng.

Keris yang dikenakan yaitu keris dengan kepala dan sarung yang dibuat dari bahan emas. Pakaian Adat Tradisional Bodo Baju bodo adalah pakaian adat tradisional perempuan Bugis Sulawesi Selatan Indonesia. 11142020 Dilansir dari situs pemerintah provinsi sulawesi selatan baju bodo adalah baju adat bagi perempuan sulawesi selatan yang dipakai sebagai pakaian kebesaran setiap acara.

11212018 Seperti halnya pakaian adat pada umumnya baju bodo ini akan digunakan pada saat acara resmi di Sulawesi Selatan. Bahan dasar yang kerap digunakan untuk membuat baju Labbu adalah kain sutera tipis berwarna tua dengan corak bunga-bunga. Pada pakaian adat wanita bernama baju Bodo yang terbuat dari kain muslin sedang pada pakaian adat pria bernama baju balla dada yang terbuat dari kain lipa sabbe atau lipa garusuk.

Hal inilah yang tepat untuk disampaikan terkait dengan keunikan dari pakaian adat Sulawesi Selatan. Pakaian Adat Pria Sulawesi Selatan. 7292020 Ketika menarikannya penari Pattennung mesti menggunakan baju Bodong Panjang Lipaq Sabbe Curak Lakba serta hiasan-hiasan lain yang merupakan pakaian adat khas Sulawesi Selatan.

1022020 Setiap pakaian adat dari Sulawesi Selatan ini memiliki keunikannya tersendiri diantaranya adalah sebagai berikut ini. Ciri khas baju bodo ini yaitu berbahan organza dengan potongan sederhana dan berlengan pendek. Sedangkan jika menggunakan baju adat untuk acara pernikahan maka perlu mengenakan 24 potong.

34 Nama Pakaian Adat Tarian Adat Rumah Adat Dan Senjata Tradisional Di Indonesia Dtechnoindo Tarian Pakaian Penari

Download Makassar Traditional Cloth Stock Illustration 170446330 Illustration Fashion Design Fashion Art Illustration Makassar

Baju Adat Dari Makassar Di Modifikasikan Dengan Hijab Pakaian Pengantin Gaya Pengantin

34 Nama Pakaian Adat Nama Tarian Adat Nama Rumah Adat Dan Senjata Tradisional Di Indonesia 1 Provinsi Nanggroe Tarian Gambar Tarian Pose Foto Pernikahan

Prosesi Pernikahan Adat Sumbawa Ntb Pakaian Pengantin Pria Pakaian Pakaian Zaman Dulu

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Menggambar Pakaian Pakaian Pakaian Tradisional

Baju Bodo Modern Tradisional Adat Bugis South Sulawesi Elaamelia Pakaian Pesta Pakaian Tradisional Model Pakaian

34 Nama Pakaian Adat Nama Tarian Adat Nama Rumah Adat Dan Senjata Tradisional Di Indonesia 1 Provinsi Nanggroe Aceh D Gambar Tarian Pakaian Tari Pakaian

Sewa Baju Adat Sewa Baju Daerah Sanggar Baju Daerah Baju Tari Baju Pengantin Kostum


LihatTutupKomentar