Pakaian Adat Tradisional Lampung

Pakaian adat Lampung merupakan salah satu peninggalan budaya yang khas dan memiliki nilai seni yang tinggi. 3162021 Dalam buku Pakaian dan Perhiasan Pengantin Tradisional Lampung 2014 oleh Al Buchari dan kawan-kawan baju adat Lampung dibedakan menjadi Lampung Pepadun dan Lampung Saubatin atau Pesisir.

Pakaian Adat Lampung Pakaian Tradisional Lampung Upacara Pernikahan Gaya Pengantin Pakaian

Pakaian Adat Lampung Lampung adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak paling selatan di Pulau Sumatera.

Pakaian adat tradisional lampung. Pakaian adat adalah salah satunya. Jika Lampung Pepadun identik dengan warna putih sedangkan Lampung Saubatin. Penggunaan pakaian adat Lampung biasa sebagai simbol untuk menunjukkan kebesaran budaya Lampung.

Warnanya pun dibuat kuning keemasan seperti aksesoris lain. Pakaian tradisional Lampung Jika dicermati dengan seksama terdapat perbedaan pakaian adat pepadun dan saibatin. Biasanya pakaian adat laki laki menggunakan baju berwarna putih dengan lengan panjang sarung celana panjang dan sejenis selendang yang disangkulkan.

Untuk mengingatkan kita akan arti penting nilainilai budaya dan sejarah yang terkandung dalam pakaian adat Lampung berikut makna dibalik pakaian adat tradisional Lampung. Jika di kenakan dalam kerapatan adat akan dipadukan dengan pakaian. Meski ada perbedaan pada beberapa detil namun ada pula kesamaan dari kedua jenis pakaian adat pesisir ini yakni penggunaan kain tradisional Lampung bernama kain Tapis.

Kaum wanita Lampung dalam kehidupan sehari-hari memakai kandukkakambut atau kudung sebagai penutup kepala yang dililitkan. Bahan baju kedua mempelai terbuat dari kain bludru yang memiliki motif floral bunga tabur salur atau pucuk rebung. Mau tau serba serbi soal pakaian adat tradisional Lampung.

Pakaian adat Lampung Sai Batin identik dengan warna merah dan emas. 3232021 Pakaian Adat Lampung Suku Pepandun. Pakaian tersebut dikenakan sebagai baju adat sehari-hari dan juga pada saat upacara adat serta pakaian pengantin adat Lampung.

11272012 Pakaian Adat Tradisional Daerah Lampung Untuk Busana adat kesehariannya laki-laki Lampung akan mengikat kepalanya dengan menggunakan kikat. Letaknya yang berdampingan dengan Pulau Jawa membuat Lampung pada masa dahulu menjadi salah satu tujuan transmigrasi penduduk dari Jawa. Selain itu kaum ibu kadangkadang menggunakannya sebagai kain pengendong anak kecil.

Bahan kikat ini terbuat dari kain batik. Kalung yang juga dikenakan oleh kedua mempelai adalah selempeng pinang. Bahkan baju yang dikenakan sehari-hari oleh para pria mirip dengan baju adat pria Lampung.

1302017 Masyarakat Lampung memiliki pakaian adat yaitu yang menjadi ciri khas Lampung. Kemudian hiasan kepala mempelai wanita memakai siger yang berjumlah tujuh lekukan. Pakaian adat Lampung dikenal dengan nama Tulang Bawang.

Pakaian adat tradisional Lampung bila dicermati terdapat perbedaan antara lampung pesisir dengan lampung daratan tetapi pada dasar masih sama yaitu menggunakan kain tapis di hias dengan logam kuningan yang memper indah dan mebuat mewah sedangkan kain tapis adalah suatu kain yang ditenun secara manual dengan menggunakan tinta mas yang di ukir dengan tangan tangan. 11162016 Di Privinsi lampung sendiri pakaian adat Lampung terbagi menjadi dua adat yakni Pakaian adat Lampung Saibatin dan Pakaian Adat Lampung Pepadun. Ada dua macam pakaian adat di Lampung yang dikenal secara luas yakni Pakaian adat Saibatin dan Pepadun.

Selain acara acara sakral pakaian adat tradisional Lampung juga seringkali digunakan dalam pertunjukkan seni tari misalnya Tari Bedana dan Tari Sembah. Siger Sebagai Mahkota Adat Putri Lampung terbuat dari bahan logam berwarna kuning keemasan berbentuk gerigi lancip dan diatasnya berlekuk lekuk. Hal ini menyebabkan penduduk yang menghuni provinsi ini sangat beragam atau heterogen.

6302018 Lampungco Pakaian adat menjadi salah satu identitas dan kebanggan bagi suatu daerah. Aksesoris menjadi hal yang sangat penting pada pakaian adat lampung. Mereka memakai baju.

Secara umum baju adat keduanya cukup sama hanya saja yang membedakan pada warna. 4122021 Pakaian Adat Lampung. 10112020 Pakaian adat Lampung terbagi menjadi 2 macam yaitu pakaian adat untuk laki laki dan pakaian adat untuk perempuan.

Sedangkan mempelai pria memakai kopiah tungkus atau tukkus. Pakaian adat Lampung juga banyak dipengaruhi oleh kebudayaan masyarakat Melayu seperti halnya baju adat tradisional untuk daerah Riau. 292021 Baju tradisional Lampung Pesisir terbagi menjadi 2 yaitu pakaian adat Lampung Saibatin dan baju adat Lampung Pepadun.

Pakaian adat tradisional Lampung masih banyak digunakan terutama untuk acara pernikahan. Namun aksesoris untuk pakaian adat laki-laki dan perempuan berbeda. Kalo pakaian adat suku Saibatin didominasi warna merah maka pakaian adat Suku Pepadun didominasi oleh warna putih.

Bukan hanya kesan berkelas saja tetapi aksesoris ini juga akan memberi kesan eksotis dan mewah pada pakaian adat tersebut. Masyarakat adat Lampung sendiri dibedakan menjadi dua kelompok besar yakni suku Saibatin yang dikenal sebagai masyarakat pesisir dan suku Pepadun yang hidup di kawasan dataran tinggi. Kalung ini dipakai berbarengan dengan aksesoris kalung adat lainnya bentuknya berupa bunga-bunga atau menyerupai buah.

Pengantin adat wanita Lampung dari Suku Pepadun tidak mengenakan mahkota Siger. Pakaian Adat Lampung Saibatin Tradisional. Bahwa dalam pakaian adat Lampung terdapat beberapa aksesoris dan unsur yang menjadi pelengkap wajib busana adat Lampung.

Bahannya dari kain halus tipis atau sutera. Kedua suku memiliki perbedaan pada pakaian adatnya yang antara lain terllihat pada warnanya. Tulang Bawang sebutan untuk pakaian adat Lampung ini merupakan pakaian adat yang biasa digunakan saat acara pernikahan.

1302017 Baju Adat Lampung Sehari-hari untuk Wanita. Selain kedua perbedaan itu selebihnya pakaian adat kedua suku ini hampir sama. Tak terkecuali juga pakaian adat Lampung yang dibanggakan oleh masyarakat Lampung khususnya suku Lampung.

Lampung Traditional Wedding Outfit Pernikahan Tradisional Pakaian Pernikahan Pengantin

Pakaian Adat Lampung Dari Tradisional Hingga Modern Wikipie Co Id Pakaian Tradisional Pakaian Set Pakaian

Pakaian Adat Lampung Dari Tradisional Hingga Modern Wikipie Co Id Modern Pakaian Pelampung

Pengantin Adat Lampung Aksesoris Beskap By Vienna Gallery Decoration By Vienna Gallery Lighting By Uplightpro Gaya Pengantin Pakaian Pernikahan Pakaian

Pakaian Adat Lampung Dari Tradisional Hingga Modern Wikipie Co Id Pakaian Gambar Pakaian Tari

Lampung Sumatera Pakaian Pengantin Pria Pakaian Pernikahan Pengantin Wanita

Pakaian Adat Lampung Dari Tradisional Hingga Modern Wikipie Co Id Pakaian Pakaian Tari Model Pakaian Asia

Pakaian Tradisional Pria Dan Wanita Lampung Pakaian Tradisional Wanita Pakaian

Pakaian Adat Lampung Dari Tradisional Hingga Modern Wikipie Co Id Perhiasan Pengantin Pengantin Makeup Pengantin


LihatTutupKomentar