Pakaian Adat Tradisional Maluku

Baju adat Maluku biasanya berwarna merah terang dan memiliki motif emas ataupun perak. Baniang putih biasanya dikenakan sebagai busana dalaman jas.

18 December 2010 Mannaismayaadventure S Blog Pakaian Tradisional Anthropology Model Pakaian

Untuk pria kemeja baniang menjadi pakaian yang wajib dimiliki.

Pakaian adat tradisional maluku. Banyak kesamaan meski tetap ada nuansa berbeda. Pakaian Raja Maluku Pakaian Adat Tradisonal Maluku Sumber. Salah satu ciri khas dari baju cele adalah warnanya cerah misalnya berwarna merah yang dipadukan dengan garis berwarna perakemas.

Baju Cele Pakaian adat Maluku Sumber. Merujuk kepada pengertian umum versi Wikipedia pakaian adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Baniang Putih merupakan pakaian tradisional Maluku Tengah yang khusus dipakai laki-laki.

Kebaya putih berbahan brokat dengan motif bunga besar yang jarang-jarang dikenakan wanita Maluku pada acara penting seperti pesta rakyat. 11282020 Di pulau Jawa pakaian kebaya terkenal sebagai pakaian yang hanya dapat dikenakan oleh keluarga kesultanan dan kerajaan yang ada di Jawa. Maluku juga merupakan provinsi yang memiliki sejarah paling tua diantara provinsi provinsi lain yang ada di Indonesia.

Demikian juga dengan pakaian tradisional atau busana adatnya. 3122020 Pakaian adatnya pun berbeda tergantung acara adat atau kegiatan yang dilakukan. 7232020 Pakaian adat tradisional Cele dari Maluku Instagramsalonmimin_balikpapan Warna dari pakaian adat Maluku Cele didominasi merah dan putih.

Kebaya Putih Tangan Panjang Pakaian adat ini berbahan brokat dengan warna putih yang dahulu biasa dikenakan wanita kalangan tertentu seperti wanita kerajaan guru pendeta atau bangsawan. 322020 Untuk pakaian laki-laki berbentuk jas dan kemeja sebagai dalamannya. Beberapa pakaian adat Maluku tersebut antara lain.

Sebagai produk kebudayaan pakaian adat atau pakaian tradisional juga tidak terlepas dari proses akulturasi dan asimilasi yang mengiringi sejarah masyarakatnya. Seperti daerah lain di Indonesia masyarakat Maluku juga memiliki pakaian adat tradisional yang terkenal dengan. Kebaya Dansa merupakan pakaian adat yang umumnya dipakai pada waktu acara pesta rakyat.

Celananya memakai adat Maluku biasanya celana panjang dengan warna hitam atau bisa juga sama dengan warna bajunya. Pakaian Adat Maluku Utara Tradisional Beberapa baju adatnya pun lebih modern jika dibandingkan dengan pakaian adat di wilayah lainnya di Indonesia khususnya yang dikenakan oleh pria. 5172014 Propinsi Maluku yang dikenal secara internasional dengan sebutan Moluccas dan Molukken merupakan propinsi tertua di Indonesia.

Pasalnya Maluku selalu menjaga merawat dan melestarikannya dengan sebaik mungkin. 222021 Pakaian adat Maluku selanjutnya adalah baju kebaya berwarna puti dengan lengan panjang yang terbuat dari bahan brokat. Untuk alas kakinya baik wanita atau laki-laki memakai sepatu vantovel.

Karena mayoritas baju adat pria di Maluku mengenakan setelan jas dan kemeja putih. Masyarakat Maluku dikenal menyukai tari dalam acara seperti pesta rakyat. Pada zaman dahulu pakaian ini biasanya dikenakan oleh wanita dari kalangan tertentu seperti perempuan kerajaan bangsawan serta guru.

Dalam hal ini budaya suku-suku di Kepulauan Maluku banyak mendapat pengaruh budaya Arab dan Eropa Portugis dan Belanda termasuk dalam berbusana. Tidak lengkap dan tidak juga mencakup semuanya namun sekiranya bisa menjadi gambaran awal bagi siapapun yang ingin mengetahui pakaian adat. Secara geografis propinsi yang beribukota di Ambon ini berbatasan langsung dengan Pulau Irian dan Pulau Sulawesi.

Guratgarut Mungkin pakaian daerah ini masih terdengar asing namun ada pepatah yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang maka mari kita mengenal lebih dalam tentang pakaian khas Maluku yaitu Baju Cele. Berikut ini dipaparkan dengan jelas perbedaan baju adat Maluku Utara sesuai dengan acaranya. Setelah sebelumnya dituliskan tentang keragaman Busana Tradisional Daerah Maluku artikel ini akan membahas busana tradisional Maluku Utara.

Biasanya dikenakan untuk acara kerjaan atau yang sifatnya menunjukan keagungan dan kegagahan sang raja misalnya seperti saat raja kedatangan tamu. Namun pada dasarnya baju adat resminya adalah baju Cale. Baju adat yang satu ini juga sering disebut dengan kain salele yang merupakan pakaian tradisional dari Maluku dengan kain tebal.

822018 Pakaian adat Maluku Ambon merupakan budaya Indonesia yang menjadi salah satu bagian khazanah kekayaaan nusantara. Keberadaannya harus selalu dilestarikan dari masa ke masa sampai kepada generasi selanjutnya. 812019 Kebaya yang selama ini lebih dikenal sebagai pakaian khas wanita suku Jawa ternyata juga menjadi baju adat di Maluku.

Untuk bawahannya masyarakat Maluku biasa mengenakan sarung dengan warna dan motif tak jauh berbeda dengan atasannya. 1152021 Meski secara politis terpisah ikatan sejarah budaya masyarakat sangat kuat. Hipwee Pakaian Adat Tradisonal Maluku ini merupakan pakaian yang khusus digunakan oleh kaum bangsawan atau raja.

Tetapi siapa sangka penggunaan kebaya juga terdapat provinsi Maluku sebagai pakaian adat yang memiliki fungsi beragam. Busana tersebut berbentuk kemeja berleher bundar dilengkapi kancing putih. 9142020 Pakaian adat merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di Maluku dan masih lestari sampai saat ini.

Motif khasnya yaitu garis-garis geometris dan dipakai saat upacara adat.

Pakaian Adat Maluku Menggambar Pakaian Pakaian Gambar

Pakaian Adat Maluku Pakaian Tari Upacara Perkawinan Pakaian

Maluku Pakaian Tradisional Gambar Kartun

Pakaian Adat Maluku Pakaian Pakaian Tari Pakaian Wanita

6 Ragam Pakaian Adat Tradisional Maluku Indisch Leger Klederdracht Batik

Baju Adat Ternate Pengantin Gambar Perkawinan

Pakaian Tradisional Pakaian Menggambar Pakaian

34 Nama Pakaian Adat Nama Tarian Adat Nama Rumah Adat Dan Senjata Tradisional Di Indonesia 1 Provinsi Nanggroe Aceh Dar Tarian Gambar Upacara Perkawinan

Traditional Clothing Of North Maluku Molukken Mensen Cultuur


LihatTutupKomentar