Pakaian Adat Tradisional Aesan Gede

Pakaian adat ini biasanya hanya digunakan saat upacara adat perkawinan. 1182020 Apalagi dengan gemerlap perhiasan pelengkap serta mahkota Aesan Gede berupa motof bunga cempako kembang goyang dan kelapo standan membuat pakaian Aesan Gede unik.

Aesan Gade Pakaian Menggambar Pakaian Pengantin Pria

Nama pakaian adat Palembang aesan gede untuk pria juga terdiri dari beberapa bagian yakni kesuhun dan tebeng malu.

Pakaian adat tradisional aesan gede. Sementara untuk bawahannya berupa kain tenun berwarna hitam atau disebut Sileuweu. Sedangkan pada bagian tubuh terdiri dari kalung kebo munggah teratai dan juga songket. Pakaian ini berwarna cerah seperti merah emas maupun kejinggaan dengan penutup kepala untuk pria dan siger untuk wanita.

Baju Adat Sumatera Utara credit. Dengan pemahaman bahwa upacara pengantin merupakan upacara besar maka penggunaan pakaian adat aesan gede ini maka diharapkan kedua pengantin akan nampak anggun dan besar seperti halnya raja-raja Sriwijaya. Kelengkapan Aesan Gede khusus pria terdiri dari kopiah kalung bunga melati teratai selempang sawit carkalimah pending gelang kano gelang gepeng baju rompi celana songket dada kain songket dan saputangan wangsit berbentuk segitiga dikaitkan di jari tangan.

Bentuk pakaian Aesan Gede. Aesan gede dikenal sebagai pakaian adat yang syarat dengan banyak aksesoris untuk pria dan wanita. Pakaian ini merupakan perlambang keagungan kerajaan Sriwijaya di masa silam.

7262020 Baju adat Palembang berbeda bagi pria dan wanita. Pada bagian tubuh terdiri dari kalung kebo munggah dan juga slempang sawit. Pak Sangkong terlihat anggun meski tak semewah Aesan Gede yang sejauh ini mewakili pakaian kebesaran.

Dalam tradisi pria mengenakan atasan lengan panjang berbahan sutra bernama Peukayan Linto Baro. Penggunaan pakaian adat Palembang tersebut juga kerap ditemukan pada acara-acara adat kendati pemakainya terbatas misalnya pada para penari atau pembawa acara. 322021 Aesan Gede dan Pak Sangkong adalah nama baju adat Indonesia khas Sumsel.

11252020 - Pakaian Wanita Palembang. 2172021 Dikutip dari buku Kamus Istilah Tarian Melayu 2018 karya Irwan P. Pada bagian kepala terdiri dari bungo rampai gandik tebeng malu kesuhan gelung malang dan kelapo standan.

Aesan Gede merupakan pakaian adat Palembang Sumatera Selatan. Lebih rinci mengenai keduanya Baca Di sini. Pakaian adat yang dipakai penari gending sriwijaya biasanya seperti pakaian yang dipakai oleh pengatin perempuan baik aesan gede atau paksangko.

Aesan Gede Aesan Gede atau baju gede adalah pakaian yang melambangkan kebesaran. Pakaian adat Suamtra Selatan sangat terkenal dengan sebutan Aesan gede yang melambangkan kebesaran dan pakaian Aesan paksangko yang melambangkan keanggunan masyarakat Sumatera Selatan. 11302014 Pakaian Adat Sumatera Selatan Aesan Gede Tradisional Picture 307 x 458.

12122017 Ciri khas lain pada busana aesan gede adalah pada aksesori kepala yang dikenakan masing-masing pengantin. Kedua busana ini merupakan busana pengantin yang dikenakan saat puncak acara. Bentuk busana aesan gede pada pengantin wanita dibagi menjadi 4 yakni bagian kepala tubuh tangan dan juga kaki.

Pada pakaian pengantin perempuan yang biasa dikenakan juga oleh penari Gending Sriwija. 9242020 Baju Adat Aesan Gede. Songket Aesan Haji berbeda denngan songket Aesan Gede songket Aesan Haji lebih tertutup memakai lengan panjang berbeda dengan songket Aesan.

Namun saat ini kita bisa menjumpai penggunaan pakaian ini di acara upacara pernikahan atau acara adat. Aesan sendiri dalam bahasa Palembang berarti baju atau pakaian. Pakaian adat Aesan Gede dan Aesan Paksangko di zaman dahulu hanya dikenakan oleh kalangan Raja dan Permaisuri saja.

Ada 2 jenis gaya busana yang menjadi pakaian adat Palembang. Pengantin pria dan wanita dihias bersama pakaian adat layaknya seperti seorang raja dan ratu. Aesan Gede ini digunakan sebagai pakaian pengantin.

Untuk bagian tangan terdiri dari gelang kulit bahu gelang gepeng gelang sempuru dan juga gelang ulo betapo. 7232020 Namun lambat laun busana ini dijadikan sebagai pakaian adat tradisional Aceh. Pengantin perempuan mengenakan mahkota karsuhun sedangkan pengantin pria mengenakan kopiah cuplak.

Palembang adalah jenis songket Aesan Gede dan Aesan Haji Pakaian adat tradisional songket Aesan Haji digunakan oleh masyarakat palembang setelah adanya pengaruh islam masuk ke Palembang. Keduanya yaitu Aesan Geda dan Aesan Pasangko. Pakaian Adat Sumatera Selatan Yang Glamor Dan Elegan Daerah yang dikenal dengan sebutan Bumi Sriwijaya dan masyarakatnya yang dipanggil sebagai Wong Kito Galo memiliki pakaian tradisional yang khas dengan keragaman corak di.

Aesan Gede merupakan pakaian adat Sumatera Selatan yang sering dijumpai pada acara pernikahan yaitu munggah. Ratu Bangsawan Aesan Gede merupakan pakaian adat Palembang Sumatera Selatan. Jadi Aesan Gede adalah pakaian kebesaran.

1032020 Baik Aesan Gede maupun Aesan Paksangko saat ini umumnya hanya digunakan saat upacara perkawinan saja. Lalu dipadukan dengan baju dodot serta kain songket lepus bermotiif napan peran membuat baju Aesan Gede semakin istimewa. Menurut para ahli budaya telah disepakati bahwa arti dari Aesan adalah hiasan sedangkan Gede yang berarti kebesaran.

Wedding Costume Aceh Indonesia Asean Tradition Culture Learning Traditional Outfits Indonesian Wedding Traditional Dresses

South Sumatra Wedding Dress Traditional Dresses South Sumatra Wedding Dresses

Pakaian Pengantin Adat Palembang Palembang S Wedding Clothes Pengantin Kostum Karnaval Pakaian Pernikahan

Asian National Costumes Asia Finest Discussion Forum Baju Pengantin Pakaian Tradisional Pengantin Wanita

Pin Di Decoration Creation

Pengantin Palembang Pakaian Pernikahan Pakaian Baju Pengantin

Pin Oleh Ichirinsou Di Peatland Menggambar Pakaian Pakaian Gambar

South Sumatra S Wedding Couple With Traditonal Outfit Aesan Gede Aesan Pasangko Pengantin Pakaian Perkawinan Ide Perkawinan

Pakaian Adat Sumatera Selatan Aesan Gede Pakaian Tradisional Sumatera Selatan Aesan Gede Budaya Pakaian Tradisional Pengantin


LihatTutupKomentar