Pakaian Tradisional Lampung

Candung ini sebetulnya adalah perkakas rumah tangga yang selalu dipakai untuk kegiatan sehari-hari seperti ketika berladang bekerja di dapur atau untuk melindungi diri ketika berada di hutan. 10112020 Pakaian adat Lampung terbagi menjadi 2 macam yaitu pakaian adat untuk laki laki dan pakaian adat untuk perempuan.

Pakaian Tradisional Pria Dan Wanita Lampung Pakaian Tradisional Wanita Pakaian

Siger atau disebut sigokh dalam bahasa setempat umumnya berwarna emas atu perak.

Pakaian tradisional lampung. Pakaian adat tradisional Lampung masih banyak digunakan terutama untuk acara pernikahan. 3162021 Dalam buku Pakaian dan Perhiasan Pengantin Tradisional Lampung 2014 oleh Al Buchari dan kawan-kawan baju adat Lampung dibedakan menjadi Lampung Pepadun dan Lampung Saubatin atau Pesisir. Siger menjadi lambang keagungan dan hirarki dalam masyarakat adat Lampung.

Baju pengantin yang dikenakan oleh mempelai di Lampung mengenakan baju adat Lampung yang sangat mewahPakaian mewah dipenuhi dengan warna kuning keemasan dapat dijumpai pada busana yang dikenakan pengantin daerah Lampung. 292021 Baju tradisional Lampung Pesisir terbagi menjadi 2 yaitu pakaian adat Lampung Saibatin dan baju adat Lampung Pepadun. 4122021 Pakaian Adat Lampung.

Namun aksesoris untuk pakaian adat laki-laki dan perempuan berbeda. 11162016 Di Privinsi lampung sendiri pakaian adat Lampung terbagi menjadi dua adat yakni Pakaian adat Lampung Saibatin dan Pakaian Adat Lampung Pepadun. Salah satu warisan budaya tersebut yang masih.

Pakaian Adat Lampung Saibatin Tradisional. Secara umum baju adat keduanya cukup sama hanya saja yang membedakan pada warna. 1302017 Bahwa dalam pakaian adat Lampung terdapat beberapa aksesoris dan unsur yang menjadi pelengkap wajib busana adat Lampung.

Kalung ini dipakai berbarengan dengan aksesoris kalung adat lainnya bentuknya berupa bunga-bunga atau menyerupai buah. Pakaian adat Lampung merupakan salah satu peninggalan budaya yang khas dan memiliki nilai seni yang tinggi. Bukan hanya kesan berkelas saja tetapi aksesoris ini juga akan memberi kesan eksotis dan mewah pada pakaian adat tersebut.

11112015 Pakaian adat Lampung sendiri terdiri dari bebarapa komponen. Biasanya pakaian adat laki laki menggunakan baju berwarna putih dengan lengan panjang sarung celana panjang dan sejenis selendang yang disangkulkan. Untuk mengingatkan kita akan arti penting nilainilai budaya dan sejarah yang terkandung dalam pakaian adat Lampung berikut makna dibalik pakaian adat tradisional Lampung.

Meski ada perbedaan pada beberapa detil namun ada pula kesamaan dari kedua jenis pakaian adat pesisir ini yakni penggunaan kain tradisional Lampung bernama kain Tapis. Sebagai mahkota yang menjadi hiasan di kepala Siger menjadi salah satu bagian penting dalam pakaian adat Lampung. Selain acara acara sakral pakaian adat tradisional Lampung juga seringkali digunakan dalam pertunjukkan seni tari misalnya Tari Bedana dan Tari Sembah.

Siger Sebagai Mahkota Adat Putri Lampung terbuat dari bahan logam berwarna kuning keemasan berbentuk gerigi lancip dan diatasnya berlekuk lekuk. 6302018 Pakaian adat Lampung Pepaduan didominasi warna putih sedangkan untuk pakaian adat Lampung Saibatin didominasi oleh warna merah. Aksesoris tersebut memiliki makna dan filosisfi sebagaimana dibawah ini.

Pakaian tradisional Lampung Jika dicermati dengan seksama terdapat perbedaan pakaian adat pepadun dan saibatin. Siger yang dikenakan oleh pengantin wanita Saibatin berbeda dengan pengantin wanita Pepadun dengan lekukan tajam berjumlah tujuh buah juga menjadi salah satu pembeda yang mencolok. Jika Lampung Pepadun identik dengan warna putih sedangkan Lampung Saubatin pada warna merah.

Salah satu keunikan pakaian adat Lampung terletak pada Sigernya. Tulang Bawang sebutan untuk pakaian adat Lampung ini merupakan pakaian adat yang biasa digunakan saat acara pernikahan. Candung merupakan sebilah golok biasa.

Untuk para kaum lelaki pakaian terdiri dari ikat kepala kikat atau kopiah kawai sebagai penutup badan yang terbuat dari bahan kain tetoron atau belacu berwarna terang tapi sekarang sudah mengalami modifikasi menjadi berbentuk kemeja kamija yang disebut dengan kawai kamija. 3232021 Sampai sekarang ini kamu bisa melihat pakaian tradisional ini dikenakan di upacara pernikahan dan dikenakan oleh para penari sebagai simbol penghormatan budaya asli Lampung. Kalung yang juga dikenakan oleh kedua mempelai adalah selempeng pinang.

Aksesoris menjadi hal yang sangat penting pada pakaian adat lampung. Para kaum pria Lampung mengenakan atasan putih. Siger Sebagai Mahkota Adat Putri Lampung terbuat dari bahan logam berwarna kuning keemasan berbentuk gerigi lancip dan diatasnya berlekuk lekuk.

Pakaian adat Tulang Bawang kental dengan tradisi ketimuran dengan model baju tertutup dan menjunjung tinggi nilai kesopanan. Pakaian adat lampung untuk laki-laki pakaian terdiri dari kikat dan kopiah ikat atau penutup kepala kawai sebagai penutup badan yang terbuat dari bahan kain tetoron atau belacu berwarna terang atau memakai kawai kamija kemeja. Pakaian adat lampung terkenal dengan nama Tulang Bawang Meskipun mempunyai penduduk dari berbagai suku yang heterogen kebudayaan masyarakat asli Lampung masih dilestarikan hingga saat ini.

Mulai dari kepala sampai ke kaki terlihat warna kuning emas. 12282020 Pakaian tradisional Lampung sendiri terdiri dari bebarapa komponen. Penggunaan pakaian adat Lampung biasa sebagai simbol untuk menunjukkan kebesaran budaya Lampung.

Warnanya pun dibuat kuning keemasan seperti aksesoris lain. 442021 Dari semua senjata tradisional Lampung Cadung adalah senjata yang paling sering dipakai bahkan hingga saat ini.

Perpaduan Adat Jawa Dan Lampung Tantia Dan Elno The Bride Dept Bride Wedding Wedding Costumes

Pakaian Adat Lampung Dari Tradisional Hingga Modern Wikipie Co Id Perhiasan Pengantin Pengantin Makeup Pengantin

Pakaian Adat Lampung Dari Tradisional Hingga Modern Wikipie Co Id Pakaian Pakaian Tari Model Pakaian Asia

Pengantin Adat Lampung Aksesoris Beskap By Vienna Gallery Decoration By Vienna Gallery Lighting By Uplightpro Gaya Pengantin Pakaian Pernikahan Pakaian

Pakaian Pengantin Adat Lampung In 2020 Folk Clothing Traditional Outfits Wedding Costumes

Wedding Costumes From Lampung Province Southern Sumatra Indonesia Pakaian Tradisional Model Pakaian Pengantin

Pakaian Adat Lampung Dari Tradisional Hingga Modern Wikipie Co Id Pakaian Gambar Pakaian Tari

Lampung Traditional Wedding Outfit Pernikahan Tradisional Pakaian Pernikahan Pengantin

Pakaian Adat Lampung Pakaian Tradisional Lampung Upacara Pernikahan Gaya Pengantin Pakaian


LihatTutupKomentar